Perbedaan Kabel USB Fast Charging dan Kabel Biasa

Berikut adalah artikel Perbedaan kabel USB fast charging dan kabel USB biasa dan cara membedakan kemampuan masing-masing kabel. Silahkan baca artikel tentang Perbedaan Kabel USB Fast Charging dan Kabel Biasa ini dari awal sampai akhir dan semoga ada manfaatnya.

Kabel Charger USB saat ini sudah akrab sekali dikehidupan kita. Sehari-hari kita tidak akan bisa melupakan alat yang satu ini. Namun tahukah anda perbedaan kabel fast charging dan usb kabel biasa? Sepintas tidak ada yang berbeda dari kemampuan kabel ini. Bentuknya sama saja dan seperti itu saja.

Kita dapat membedakan mana yang fast dan mana yang biasa dengan cara menggunakan kabel ini untuk nge-cas HP androd kita. Tetapi cara ini membutuhkan waktu yang lama dan juga perhitungan yang tepat. Dengan membandingkan prosentase baterai pada saat awal ngecas sampai dengan baterai penuh dan juga membandingkan waktu yang dibutuhkan untuk ngecas sampai posisi penuh 100%.

Apa yang Membedakan Fast vs Biasa?

Kedua-duanya memiliki kemiripan bentuk yang sama tetapi sebenarnya ada perbedaan mengapa kabel USB terebut bisa memiliki kemampuan ngecas yang berbeda. Kabel fast charging memiliki kemampuan untkuk ngecas 2-4 kali lebih cepat dari kabel charger biasa. Sedangkan untuk yang kabel usb charger biasa terasa sangat lambat ngecasnya atau bahkan bisa jadi malah menyebabkan baterai turun daya jika digunakan untuk ngecas HP dengan baterai berkapasitas besar.

Perbedaan mendasar kedua jenis kabel charger ini dipengaruhi dari kualitas material yang digunakan. Kabel charger model fast charging menggunakan material tembaga yang impedansinya sangat rendah dan juga menggunakan kualitas tembaga yang menghantarkan arus dengan sangat cepat. Selain kualitas kabel juga dipengaruhi oleh kualitas komponen USB dan kepala charger yang bagus. Makanya kabel ini bisa ngecas jauh lebih cepat daripada kabel USB biasa.

Cara Tes Kabel Fast Charging

Seperti di atas bahwa cara menguji kabel USB fast charging atau biasa adalah dengan menggunkannya ngecas secara langsung. Tetap cara ini kurang efektif apalagi saat kita membel kabel ini di konter HP. Tidak mungkin rasanya kita duduk berlama-lama untuk menguji kemampuan kabel yang akan kita beli.

Cara paling efisien untuk menguji kecepatan ngecas kabel USB adalah dengan mengunakan USB Charger Doctor. Alat ini bisa kita dapatkan di Toko Online dengan harga yang cukup murah. Biasanya antara 15rb-30rb rupiah. Meskipun simpel tetapi alat ini bisa kita andalakan untuk menguji seberapa cepat kabel charger yang kita punya.

 

Cara Pakai USB Charger Doctor

Cara menggunakan alat ini tergolong cukup mudah. Kita hanya perlu membaca display akan ditampilkan pada layar LCD USB Charger Doctor ini. Cara pakainya sederhana yaitu tancapkan jalur ini USB Doctor pada charger atau poerbank. Kemudian Pasang Kabel USB yang akan kita coba pada jalur out alat ini.

Akan ada 2 tampilan dispay pada USB Doctor. Tampilan pertama menunjukan voltase keluaran dari batok charger atau powerbank. Voltase normal dari sumber tenaga charger adalah 5v. Jika voltase lebih dari 6v atau lebih rendah dari 4v maka lebih baik kita jangan menggnakan batok atau powerbank tersebut.

Untuk tampilan ke 2 yaitu Ampere atau arus keluaran sumber tegangan. Kita bisa mengetahui apakah kabel yang dipakai fast atau slow charging kita bisa melihat dari output Ampere. Semakin tinggi ampere maka akan semakin bagus kabel USB yang kita punya. Standar kabel fast charging adalah 1000ma. Jika LCD display menampilan ampere di bawah 500ma maka bisa jadi kabel usbnya kurang bagus dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk ngecas.

Silahkan Beri Bintang artikel Perbedaan Kabel USB Fast Charging dan Kabel Biasa dan Jangan lupa Share ke Modsos kalian agar artikel ini lebih memberikan manfaat bagi banyak orang.

Perbedaan Kabel USB Fast Charging dan Kabel Biasa
5 (100%) 2 vote

Posting Terkait

Tinggalkan Komentar