Kunci Membangun Rumah Tangga Bahagia Langgeng Selamanya

Kunci sukses membangun rumah tangga bahagia selamanya

Berikut adalah artikel Tips kehidupan mengenai kunci membangun rumah tangga yang bahagia dan harmonis dalam kehidupan dalam pernikahan. Silahkan baca artikel tentang Kunci Membangun Rumah Tangga Bahagia Langgeng Selamanya ini dari awal sampai akhir dan semoga ada manfaatnya.

Membangun bahtera rumah tangga kadang tidak semudah yang dilihat orang. Dalam rumah tangga terkadang ada saja hal-hal yang membuat suasana tidak nyaman karena sesuatu yang pada akhirnya membuat pasangan kurang begitu harmonis dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sikap tidak harmonis sehari-hari inilah yang jika diterus-teruskan akan berakibat buruk pada kelangsungan hidup dalam naungan sebuah hubungan pernikahan.

Biasanya sikap dan sifat asli dari pasangan dalam rumah tangga bisa dirasakan setelah 3 bulan pernikahan. Masa 3 bulan dan seterusnya pasangan akan bersikap asli selayaknya sebelum menikah. Maka dari itu sangat penting bagi pasangan untuk saling mengenal satu sama lain sebelum akhirnya memutuskan untuk menesruskan hubungan ke jenjang pernikahan. Proses pacaran tidak dilarang dalam Islam asal masih dalam batas-batas yang ditentukan. Pentingnya mengenal satu sama lain akan sangat bisa kita rasakan manfaatnya saat menikah dan membangun rumah tangga.

Hal-hal kecil yang biasa menjadi persoalan dalam rumah tangga akan terasa saat pasangan sudah memutuskan untuk hidup terpisah dari orang tua dan tinggal di rumah sendiri yang baru. Yang akan menjadi sesuatu yang mengganggu keharmonisan adalah rasa kurang pengertian satu sama lain. Sebagai contoh seorang istri kurang peka terhadap suami saat suami lagi capek karena masalah pekerjaan dikantor dan ternyata pada saat sampai rumah kurang ada sambutan baik dari istri maka hal ini akan jadi pemicu kurang nyamannya seoarang suami terhadap istrinya.

Terkadang permasalahan rumah tidak menjadi persolan tetapi biasanya ada juga permasalahan besar yang datang bertubi-tubi sebagai ujian rumah tangga. Permasalahan besar tersebut kadang sama sekali tidak kita fikirkan sebelumnya dan akhirnya datang begitu saja mencoba menggoyahkan bahtera rumah tangga sebuah pasangan.

Rumah tangga yang harmonis dan bahagia juga kelak akan menjadi cerminan anak-anak kita setelah mereka dewasa. Mereka akan banyak belajar dari setiap hal yang terjadi dalam keluarga. Jika pasangan harmonis maka kemungkinan besar anak-anak kita nanti juga akan mendapati kebahagiaan dalam rumah tangga karena telah mendapatkan pelajaran berharga dari orang tuanya.

Dari hal-hal di atas kita akan mengerti bagaimana rasanya, susah payahnya mengarungi samudra kehidupan berumah tangga. Khususnya bagi yang belum menikah anda bisa mengambil hikmah dari tulisan ringan yang admin sampaikan ini. Bagi pasangan yang sudah menikah juga tidak ada salahnya untuk membaca kiat-kiat agar kehidupan rumah tanggannya selalu harmonis dan selalu dapat memecahkan setiap masalah yang datang dalam rumah tangga. Tujuannya jelas yaitu agar pernikahan yang kita jalani akan selalu harmonis sampai akhir hayat bahkan sampai ketemu lagi di akhirat kelak.

Berikut ini adalah poin-poin penting sebagai kunci bagaimana caranya agar rumah tangga selalu harmonis dan bahagia.

Saling Pengertian

Sikap pengertian masing-masing pasangan ini sudah menjadi kunci umum dalam melanggengkan kehidupan rumah tangga. Sebaiknya pasangan pernikahan menghilangkan egoisme dan terkadang harus mengalah agar tidak terjadi permasalahan rumah tangga. Pasangan yang baru saja menikah akan menikmati proses yang satu ini. Mereka biasanya baru saja mengenal satu sama lain dan baru mengerti sikap yang selama pacaran (ta’aruf) masih disembunyikan. Suami atau istri harus bisa mengerti apa yang harus dilakukan sebelum pasangan megutarakan dengan kata-kata. Kita harus tanggap apa yang terjadi pada pasangan dan selanjutnya kita akan tahu apa yang harus dilakukan.

Tanpa menghilangkan komunikasi cara ini adalah cara terbaik agar kita dicintai dan dianggap dan memang sebenarnya kita adalah pasangan yang pengertian. Pasangan suami istri harus menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing karena memang pernikahan adalah proses penyempurnaan dari sesuatu yang kurang sempurna.

Saling Jujur

Pasangan dalam rumah tangga ibarat sudah menjadi satu kesatuan. Istilahnya sudah menjadi satu tubuh yang sempurna. Setiap pasangan sudah harus saling jujur tentang apa yang terjadi atau tentang apa yang sedang dialami. Jangan karena merasa agar tidak merepotkan pasangan lalu kita mencari solusi dari permasalahan secara sepihak tanpa memberitahu masalah yang sedang dialami suami atau istri. Ketidak-jujuran ini yang akan membawa malapetaka jika maksud dan tujuan tidak tercapai tetapi buntutnya akan terjadi permasalahan yang sangat rumit.

Misalnya seorang istri harus memberitahu suaminya jika terjadi masalah yang cukup besar. Sehingga masalah yang menimpa satu pasangan bisa ditanggung bersama dan diselesaikan dengan runtutan solusi terbaik. Seorang istri kadang ada niatan baik untuk tidak melibatkan suaminya dalam permasalahan yang terjadi pada istri. Tetapi ini merupakan kesalahan karena istri tidak mau jujur tentang apa yang terjadi. Jangan sampai menyelesaikan masalah tanpa memberitahu suami terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku pada suami. Ada baiknya apa yang terjadi pada suami harus diberitahukan kepada istrinya. Disamping sebagai tempat curhatan juga barangkali istri ada solusi yang tidak terfikirkan dari suaminya.

Contoh sikap jujur pada pasangan adalah berbicara apa adanya tentang kondisi keluarga yang sedang terjadi. Misalnya kebutuhan rumah tangga, kebutuhan istri, atau juga kebutuhan yang berkenaan dengan masa depan rumah tangga. Tetapi ingat bahwa cara menyampaikan harus dengan cara yang baik agar tidak terjadi kesalahfahaman.

Menjaga Komunikasi

Meski terkesan biasa saja dan terkesan tidak berpengaruh, menjaga komunikasi adalah salah satu kunci kebahagiaan rumah tangga yang cukup penting. Menjalin komunikasi ini yang akan membuat hubungan pasangan semakin erat dan harmonis. Komunikasi bukan hanya diartikan komunikasi secara langsung tetapi bisa juga lewat HP. Contohnya Sekedar say hello saat suami kerja. Menanyakan kabar di rumah atau tanya apa yang sedang dilakukan istri ataupun bisa juga menanyakan kabar anaknya.

Komunikasi ringan juga harus tetap terjalin baik siang maupun malam hari. Cobalah untuk berkomunikasi ringan sesaat sebelum tidur. Momen inilah biasanya komunikasi begitu berarti. Pada saat itu fikiran sudah tenang dari rasa capek aktifitas seharian. Utarakan yang terjadi tadi siang meskipun hal-hal sepele. Berikan feedback atau tanggapan juga saat pasangan mengkomunikasikan sesuatu meskipun sebenarnya kita bosan dengan apa yang dikatakannya. Tanggapan ini juga akan membuat pasangan merasa lega dan merasa diperhatikan.

Saling Bekerja Sama

Dalam rumah tangga tidak seperti yang difikirkan oleh remaja yang sedang berpacaran. Tugas masing-masing pasangan akan menjadi keseharian yang akan membuat kita merasa lumayan capek. Dengan saling bekerja sama maka tugas dalam keluarga akan terasa ringan. Pasangan harus saling memahami tugas dan kewajiban masing-masing. Suami sebagai kepala rumah tangga bertugas mencari nafkan dan istri bertugas mengurus keperluan rumah.

Jika memang terpaksa istri ikut membantu mencari nafkah keluarga berarti harus ada yang mengurus semua keperluan dalam rumah. Tetapi hendaknya kodrat sebagai seorang istri adalah menjaga keperluan rumah dan menjaga dan mendidik anak saat suami masih bekerja. Sedangkan jika suami sudah pulang mendidik anak adalah tugas bersama.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai beberapa kunci menjalin hubungan rumah tangga agar senantiasa harmonis dan bahagia menurut Kangmis.com. Semoga sedikit ada manfaatnya bagi anda pasangan yang akan menikah atau bagi basangan yang sudah lama menikah tetapi butuh tambahan referensi kunci rumah tangga bahagia.

Silahkan Beri Bintang artikel Kunci Membangun Rumah Tangga Bahagia Langgeng Selamanya dan Jangan lupa Share ke Modsos kalian agar artikel ini lebih memberikan manfaat bagi banyak orang.

Kunci Membangun Rumah Tangga Bahagia Langgeng Selamanya
4.9 (98%) 10 vote

Posting Terkait

4 Komentar “Kunci Membangun Rumah Tangga Bahagia Langgeng Selamanya”

  1. King Pada 28 Mei 2019

    Sangat menginspirasi

    1. Kangmis Pada 31 Mei 2019

      Ashiaaaappp ….

  2. Jamari Pada 28 Mei 2019

    Trimakasih kakak..

    1. Kangmis Pada 31 Mei 2019

      Sama2 boskuuu ,,,

Tinggalkan Komentar