Cara Redirect URL HTTP ke HTTPS WordPress di CPanel

Berikut adalah artikel Cara mengalihkan situs website versi HTTP ke HTTPS dengan menggunakan File .htaccess yang terdapat pada CPanel hosting Wordpress. Silahkan baca artikel tentang Cara Redirect URL HTTP ke HTTPS WordPress di CPanel ini dari awal sampai akhir dan semoga ada manfaatnya.

Pengenalan HTTPS

HTTPS merupakan protokol jaringan website yang menggunakan SSL (Secure Sockets Layer) sebagai kemanan distribusi pengganti http standar. Protokol https ini menjamin data tidak dapat disadap atau diketahui oleh orang lain di jaringan internet. Baik proxy maupun penyedia layanan internet tidak dapat membaca data sensitif yang dikirimkan dari klien ke server maupun sebaliknya.

Dengan berkembangnya teknoligi informasi saat ini kebanyakan website / blog sudah mengalihkan protokol http ke https. Keuntungan migrasi ke https ini disamping dari sisi keamanan juga sebagai pendongrak kredibilitas website kita. Kredibilitas ini nantinya juga berpengaruh pada sisi optimasi SEO pada website.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Google juga mempertimbangkan protokol https. Meskipun dalam prakteknya ada yang mengatakan bahwa https ini tidak begitu berpengaruh pada elektabilitas website terhadap hasil pencarian mesin pencari Google.

Pada tahun 2014 Google sendiri menganjurkan untuk menggunakan https ketimbang http dan memang katanya https akan lebih diprioritaskan dari pada http. Perpengaruh atau tidak kalau memang https ini lebih baik, kenapa tidak? Toh sebagai pengalaman saja hasil SERP yang ada saat ini lebih dominan di website https. Sebagai contoh kangmis.com ini masih ada versi http nya tetapi google hanya menampilkan url vesi https saja.

Kelebihan dan Kekurangan HTTPS

Meskipun https ini memiliki banyak kelebihan daripada http tetapi masih juga ada beberapa kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Menggunakan Protokol HTTPS

Keamanan pertukaran data terjamin. Dengan menggunakan https maka dijamin orang lain (midle man) tidak dapat membaca informasi yang dikirim dan diterima selama proses transaksi file antara browser dan server website. Untuk website marketplace tentunya fitur ssl ini sangat penting mengingat kebutuhan mereka akan keamanan transaksi data dari user ke server yang ujung-ujungnya adalah transaksi keuangan.

Pengaruh positif pada sisi SEO. Announcement google pada 2014 silam mengatakan bahwa fitur https mulai bepengaruh pada ranking serp hasil pencarian google. Makanya sejak saat itu banyak website http berpindah ke versi https demi meningkatkan kredibilitas mereka di mata google.

Kekurangan Menggunakan Protokol HTTPS

Loading halaman lebih lambat daripada menggunakan http. Pengaruh lambatnya loading https ini dkarenakan tahap permintaan download halaman lebih rumit. Pada proses pertama browser query sertificate ssl yang ada di website dengan metode SSL handshake. Kemudian jika tidak ada masalah dengan SSL barulah server memberi tanggapan. Begitu seterusnya saat client meminta dan mengirim data ke server hosting.

File dari server tidak dapat di tangkap Cache Proxy. Kekurangan ini menjadi sebuah masalah apabila pengguna ingin mengatur jaringan mereka melewati cache proxy. Cache proxy ini biasanya dipakai manakala client tidak ingin meminta satu file berulang-ulang dalam satu jaringan. Cukup hanya menyimpa satu kali di cache server kemudian setiap ada client yang meminta file yang sama maka tidak perlu meminta lagi dari server. Menggunakan cache server sebenarnya cukup menghemat bandwidth dan speed loading halaman.

Cara Redirect HTTP ke HTTPS WordPress

Cara redirect http ke https ini tergolong cukup mudah yaitu kita tinggal menambakan mod rewrite pada .htaccess yang biasanya sudah ada pada root instalasi CMS WordPress. Untuk Langkah gamblangnya adalah sebagai berikut.

Buka CPanel Hosting

Bagi para pengguna engine CMS WordPress pastilah sudah tidak asing lagi dengan yang namanya CPanel. Mengatahui dan memahami CPanel merupakan keharusan bagi yang suka otak-atik CMS website termasuk WordPress. Di sini saya menggunakan tema Retro. untuk mengubahnya bisa diatur pada menu Change Style -> Retro. Saya menggunanakannya karena menurut saya Style Retro lebih mudah dipakai, menurut saya lho!

Buka File Manager

Buka public_html pada File manager dan carilah file .htaccess. Bila file ini tidak ketemu silahkan centang Show Hidden Files (dotfiles) dahulu pada menu Setting. Biasanya secara default file-file berawala titik yang ada dalam File Manager sengaja disembunyikan agar tidak terjadi error karena kesalahan pengguna.

Edit File .htaccess

Setelah ketemu file .htaccess di File Manager CPanel langkah selanjutnya adalah mengedit isi file tersebut. Default file milik WordPress biasanya seperti ini.

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>

Tambahkan Code Redirect di bawah ini tepat di atas # Begin WordPress.

#Redirect HTTP Ke HTTPS
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]
</IfModule>

Setelah itu silahkan ujicoba dengan membuka tab Metode Penyamaran pada firefox atau Google Chrome untuk menghindari cache / cookie. Coba dengan awalan http maka seharusnya akan dialihkan pada url versi htps.

Catatan dan Kesimpulan

Sebelum kita melakukan redirect pastikan dulu https sudah befungsi dengan baik dan tidak ada kesalahan certificate. Untuk megaktifkan https silahkan install SSL dulu di hosting sobat.

Jika tidak berhasil kemungkinan konfigurasi CPanel berbeda. Lebih jelasnya bisa ditanyakan kepada penyedia hosting yang anda gunakan. Sebagai pengalaman saja script di atas sudah saya ujicobakan di berbagai penyedia hosting baik IIX, Singapura maupun Hosting US. Hasilnya semua hosting berfungsi dengan cara di atas dan bisa redirect baik homepage maupun slug url lainnya.

Cara redirect http ke https ini tergolong cukup mudah karena hanya menambahkan sedikit kode pada file .htaccess tanpa menggunakan plugin dan tanpa otak-atik file function. Jadi, stabilitas dan kecepatan loading website akan tetap pada performa maksimal.

Silahkan Beri Bintang artikel Cara Redirect URL HTTP ke HTTPS WordPress di CPanel dan Jangan lupa Share ke Modsos kalian agar artikel ini lebih memberikan manfaat bagi banyak orang.

Cara Redirect URL HTTP ke HTTPS WordPress di CPanel
5 (100%) 2 vote

Posting Terkait

Tinggalkan Komentar