Cara Redirect 404 Not Found WordPress ke Homepage

Cara redirect 404 Not Found ke halaman utama pada CMS wordpress. Dalam dunia SEO 404 not found adalah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Semakin banyak halaman yang terindikasi 404 akan menyebabkan search engine malas untuk crawling website kita. Semakin banyak 404 maka akan semakin banyak kesalahan halaman tidak ditemakan di website tersebut.

Apa itu Redirect?

Redirect adalah semacam peralihan halaman satu ke halaman lain. Pengalihan ini sebenarnya atas kehendak yang punya website. Redirect ada beberapa jenis yaitu ada yang rediret sementara (temporary) ada juga juga Redirect permanen (permanently).

Redirect yang bersifat sementara biasanya dipakai saat peralihan halam bersifat sementara, tetapi kalau redirect permanently memberitahukan pengunjung atau search engine bahwa halaman telah beralih secara permanen ke halaman target. Berarti halaman sumber sudah dianggap hilang atau sudah tidak ada lagi. Dalam CMS wordpress prosedur pengalihan halaman ada beberapa cara. Cara yang lazim digunakan adalah menggunakan kemampuan .htaccess jika menggunaan server apache.

Penyebab 404 Not Found

Terjadinya 404 biasanya karena webmaster menghapus konten posting yang menyebabkan url hilang. Atau bisa juga karena menghapus taxonomy tag atau category pada CMS wordpress. Lebih fatal lagi jika menghapus atau mengganti slug tag atau category yang dipakai dalam permalink worpress.

Penggantian slug ini jelas akan mempengaruhi banyak sekali url yang pada akhirnya direspon 404 oleh browser atau search engine. Makanya kita harus berhati-hati dalam menghapus atau mengganti slug wordpress jika traffic sudah baik. Daripada direspon 404 mendingan tidak udah diganti saja slug taxonomy WordPress kita.

Cara Redirect 404 ke halaman utama WordPress

Berikut ini adalah script untuk mengalihkan 404 ke halaman depan website / blog wordpress. Gunakan langkah-langkah sebagai berikut

  1. Copy code redirection berikut.
    <?php
    header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");
    header("Location: ".get_bloginfo('url'));
    exit();
    ?>
    
  2. Buka Dashboard WP -> Tampilan -> Editor dan cari file 404.php dalam tema yang dipakai. Kemudian CTRl+A untuk memilih semua -> CTRL+V untuk menimpa file aslinya.
  3. Langkah terakhir klik Simpan atau Update

Cara ini sebenarnya tidak bisa mengembalikan sepenuhnya traffic yang sudah ada. Tetapi setidaknya Google sudah tidak akan lagi menemukan error atau kesalahan 404 not found. Jika ingin traffic kembali ya slug taxonomy harus dikembalikan seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *