Merubah Title Separator WordPress Tanpa Plugin

Cara Merubah Title Separator di CMS WordPress Tanpa Plugin. Title separator adalah pemisah antara beberapa elemen dalam title tag. Biasanya untuk memisah judul artikel dan nama atau judul website. Defaultnya CMS wordpress menggunakan strip yang agak panjang untuk memisah elemen dalam title tag. Gak tau namanya apa strip panjang itu :D. Pokoknya setau saya dalam kode HTML script itu ditulis dengan kode –

Cara mengganti Separator Title WordPress

Cara mengganti title separator sebenarnya cukup mudah. Kita tidak perlu mencari kode – dalam core CMS WordPress. Kita bisa menggantinya dengan menambahkan fungsi pengubah dalam file function.php pada theme WP kita tersebut. Silahkan pastekan kode berikut pada file function.php di atas tag ?>. Ingat ya? harus diatas tag ?> jangan bawah sendiri. Kalau diletakkan dibawah sendiri function.php bisa tidak berfungsi.

function kangmis_sep_title( $sep ) {
    return "»";
  }
add_filter( 'document_title_separator', 'kangmis_sep_title', 10, 1 );

Fungsi di atas menggantikan tanda strip menjadi tanda lebih ganda (») atau apa itu namanya. Script Fungsi tersebut berlaku jika kita menggunakan hook wp_head() pada template header. Biasanya wp_head() dipakai setiap theme karena fungsinya sangat banyak. Alternatif lain jika tidak mau repot dan gak begitu suka otak-atik template kita bisa gunakan plugin seperti Yoast SEO dan lain-lain. Tetapi saya sendiri tidak suka terhadap plugin tersebut. Bagus sih sebenarnya cuma saya cenderung gak suka pasang plugin banyak-banyak kalau plugin tersebut tidak begitu urgent. Mendingan Coding sendiri meskipun saya sendiri gak bisa coding hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *