Cara Ekstrim Meringankan Android RAM Kecil

Cara meringankan kinerja Android dengan RAM kecil. HP Android dengan RAM kecil 1GB ke bawah misalnya dengan RAM 512MB biasanya akan mengalamai lemot yang cukup luar biasa. Karena rata-rata saat ini aplikasi android memakan kapasitas space memory internal yang cukup besar. Dengan kapasitas RAM 512 sebenarnya hanya dapat menampung 5-6 aplikasi berjalan di latar belakang.

Pada prakteknya pengguna gadget android sering menginstall banyak sekali aplikasi termasuk game-game offline maupun online. Dengan kapasitas yang sangat terbatas tersebut sangat mungkin terjadi lag karena sistem oprasi sangat sibuk melakukan swapping RAM 1 aplikasi ke aplikasi lainnya.

Dengan RAM 512MB menggunakan aplikasi booster adalah bukan merupakan solusi yang bagus tetapi justru akan membuat performa HP semakin lemot. Aplikasi booster yang bertujuan untuk mempercepat loading Android untuk RAM di bawah 1GB akan mengisi RAM yang sebenarnya dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi yang lebih penting.

Nah.. Bagaimana caranya agar RAM di bawah 1GB bisa berjalan lancar tanpa lag. Berikut ini langkah-langkah ektrim yang bisa kita coba untuk meningkatkan performa Android kita.

Untuk melakukan tuning ekstrim sebelumnya Android harus sudah di-root terlebih dahulu. Kita akan lebih leluasa dan punya banyak jalan jika Gadget Android kita sudah di root.

  1. Uninstall Aplikasi bawaan yang tidak digunakan. Kebanyakan aplikasi bawaan vendor ponsel Android menyertakan aplikasi bawaan yang hampir 50% tidak kita gunakan. Kenapa dihapus? Karena dengan menghapus aplikasi internal maka aplikasi tersebut dijamin tidak akan berjalan lagi memory RAM. Jika hanya dengan menghentikan aplikasi berjalan saja maka sewaktu-waktu aplikasi tersebut bisa berjalan lagi. Kita bisa menghapus aplikasi bawaan pabrik yang tidak dapat dihapus dengan menggunakan aplikasi Root Uninstaller. Jika selesai hapus juga aplikasi Root Unistaller tersebut
  2. Hapus Aplikasi dan Layanan background Google Termasuk Google Playstore. Nah ini yang lumayan ekstrim. Google Play Store biasanya kita gunakan untuk mendownload aplikasi secara instan. Tetapi pada kenyataannya Google Playstore dan Google Play Service yang berjalan di background akan memperlambat kinerja Android kita karena memakan RAM yang cukup besar. Untuk mengupdate aplikasi seperti Whatsaap, BBM dan lainnya kita bisa menggunakan cara klasik yaitu download dan install APK secara manual.
  3. Hapus Service yang tidak diperlukan. Sebenarnya banyak layanan yang tidak diperlukan berjalan di belakang yang meskipun berjalan jika diperlukan dan kapasitas memory yang lumayan kecil namun jika dinonaktifkan akan berdampak pada performa android. Layanan tersebut antara lain NFC, Theme Function dll. Layanan bisa kita temukan di Setting -> APP -> ALL.
  4. Jangan Gunakan Wallpaper Animasi. Wallpaper animasi juga cukup memakan banyak memory. Meskipun Live wallpaper ini dilihat ukurannya tidak terlalu besar tetapi jika sudah berjalan dan bekerja maka juga akan memakan banyak ruang RAM.
  5. Non-aktifkan Semua Widget. Sebaiknya jangan gunakan widget pada Android yang berkapasitas RAM kecil. Widget-widget tersebut berjalan juga menggunakan RAM. Widget tersebut antara lain widget Cuaca, Widget BBM, Kontak, Widget Whaatspp dan lain-lain.

Dengan cara ektrim tersebut akan mempengaruhi kinerja Android kita. RAM terbatas akan lebih leluasa menangani aplikasi yang sedang berjalan. RAM tidak akan lagi sibuk melakukan swapping karena yang berjalan adalah hanya aplikasi penting saja.

Catatan :
Hati-hati melakukan Unistall aplikasi Service. Jangan unisntall aplikasi bawaan yang merupakan Core Framework Android. Jangan melakukan uninstall dengan menghaous aplikasi dalam OS Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *